Profesional atau Amatir???

Setelah kongress PSSI di Solo menghasilan kepengurusan baru PSSI, dan format kompetisi di Indonesia juga akan mengalami perubahan. Direncanakan kompetisi baru nanti PSSI akan membagi dua piramida yang berbeda yaitu satu kompetisi profesional dengan dua level kompetisi. Satu lagi piramida kompetisi itu adalah kompetisi amatir.

Pastinya sebagian besar TaSMania dan juga pecinta Persitema bertanya-tanya, dimanakah Persitema akan berkompetisi??? Setelah sebelumnya terhembus kabar Persitema akan berkompetisi di divisi utama, walau belum ada kepastian tertulis. Namun melihat situasi saat ini dimana kompetisi di Indonesia ibaratnya dimulai lagi dari nol, tentunya kita makin bertanya-tanya dimanakah Persitema akan berkompetisi.

Melihat prestasi tahun lalu, Persitema yang mampu masuk ke babak 12 besar kompetisi Divisi 1 tentunya banyak yg berharap Persitema mampu berkompetisi di level yang lebih tinggi. Tetapi dengan perubahan format dimana untuk level Profesional harus memenuhi lima aspek profesional berdasarkan kriteria AFC. Lima kriteria AFC adalah aspek legal, finansial, infrastruktur, personel, dan sporting.


Kelima aspek tersebut memang sulit di penuhi oleh Persitema, aspek legal sepertinya belum ada sebuah badan hukum (PT) yang menjadi pengelola Persitema dan tentunya laporan keuangan yang teraudit, dari aspek finansial untuk kompetisi musim lalu Persitema masih menyisahkan hutan sekitar 390 juta (antara, Minggu, 07 Agst 2011, http://www.antarajateng.com/detail/index.php?id=49236), dari aspek infrastruktur Stadion Bhumi Phala sepertinya masih belum mampu untuk mengelar kompetisi di level profesional artinya klo Persitema masuk level profesional Persitema kemungkinan besar akan maen di luar Temanggung.

Sedang dari aspek personel dan sporting besar kemungkinan aspek ini Persitema mampu memenuhi, namun untuk masuk level profesional Persitema harus mampu menyediakan dana deposit partisipasi yang besarnya Rp 2 miliar sampai Rp 5 miliar. Dan tentunya harus lepas dari APBD karena adanya larangan penggunaan anggaran untuk sepakbola profesional (hibah). PSSI juga telah menetapkan tanggal 22 Agustus sebagai batas akhir penyerahan dokumen-dokumen bukti terpenuhinya lima kriteria AFC (aspek legal, finansial, infrastruktur, personel, dan sporting), dan akan diverifikasi pada 23 Agustus dan hasilnya akan diumumkan pada 25 Agustus. Hasil itu untuk menetapkan peserta kompetisi profesional musim 2011/2012 yang dijadwalkan bergulir 8 Oktober.

Mampukah Persitema berkompetisi di level profesional????
ataukah akan masuk ke kompetisi amatir, dan tetap menggunakan APBD????



T-Forever





3 komentar:

  1. mas/mbak admin, saya adi dr Tmg, dari info yg saya tahu, saat ini persitema sedang di ujung tanduk sehubungan dengan masalah finansial, sedangkan tahun kemarin adalah TAHUN EMAS persitema, sangat disayangkan jika akhirnya persitema harus down karena masalah finansial, sedangkan kita semua tahu bahwa kab Tmg adalah kota yg kaya. Banyak pengusaha dan petani-petani Temanggung yang masuk dalam golongan sangat mampu.

    maka dari itu dgn ini saya brmaksud mengajak teman2 TaSMania untuk membuat suatu kampanye panggalangan dana untuk persitema kita tercinta.

    mungkin kita bisa membuat kampanye seperti program TaSMania peduli Merapi, atau kita perlu membuat proposal pengajuan dana kpd pengusaha2 sukses yg ada di Tmg.

    Mari bersama2 kita angkat persitema..demi masa depan persepakbolaan Temanggung

    salam, ADI

    BalasHapus
  2. bonek tegal1/06/2012

    persitempek gatel,klub gak mutu gak kya persebaya,salam jancok,ke neraka aja suporternya

    BalasHapus
  3. Anonim1/31/2012

    maaf cok, Q emoh dadi koncomu nang neroko, mosok manungso kekancn mbek iblis, aja kaya kue lah .. .. .. inyonge ura teyeng basa ngapak kyeh.. .. .. tegal ki ngapak mbok....??? ngapak ki basa apa sih? jawa udu, sunda udu.... pa basa setan? inyonge ra mudeng blas cuk

    BalasHapus