Persip Kalahkan Persika 1-0

Pekalongan(2/10), Kesebelasan tuan rumah Persip Pekalongan kembali menduduki klasemen sementara dengan meraih poin 6, setelah menang tipis 1-0 melawan Persika Karawang, dalam lanjutan Kompetisi Divisi I Grup IV di stadion Kota Batik, Sabtu (2/10) sore.

Di depan ribuan Kalong Mania yang menonton, Persip masih mampu menunjukkan kemampuannya. Gol semata wayang tim Laskar Kalong tersebut dicetak oleh sang kapten, Sukodir (8) melalui tendangan bebasnya ke gawang Persika di menit ke-27.

Berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh salah seorang pemain Persika terhadap pemain Persip di luar kotak penalti gawang Persika, akhirnya wasit Hidayat asal Mojokerto menghadiahkan tendangan bebas bagi Persip.

Sukodir yang diberi tugas untuk melakukan tendangan bebas tidak mensia-siakan kesempatan tersebut. Ia langsung mengarahkan tendangan kerasnya ke arah gawang Persika yang dijaga oleh Arif Budiman (30). Sebenarnya, kiper Persika sudah bisa mengeblok bola, namun karena kerasnya laju bola tendangan bebas Sukodir, bola tersebut kembali terlepas dari tangan kiper, sehingga tercipta gol pertama bagi Persip.

Sejak awal pertandingan dimulai, tim Laskar Kalong berinisiatif melakukan serangan. Anak-anak asuhan Nasal Mustofa tersebut berkali-kali berhasil menembus jantung pertahanan lawan. Demikian halnya dengan yang dilakukan para pemain Persika. Mereka melakukan pressing ketat terhadap Sukodir cs. Sehingga, serangan yang dibangun dari lini tengah, berhasil dimentahkan bek belakang Persika.

Nur Coyo, yang digadang-gadang untuk mencetak bagi Persip, bahkan selalu ditempel ketat 2 pemain Persika, sehingga tidak leluasa mengolah bola hasil umpan dari Taryono, Agung, dan Wendi. Taryono (9) yang beberapa kali berusaha melakukan umpan tarik, kurang bebas bergerak karena ditempel 3 orang pemain lawan.

Tim Persika asuhan Jamrawi menunjukkan semangat dan kejelian mereka. Dengan pressing ketatnya di lini tengah, berkali-kali benturan di lini tengah, hingga menyebabkan beberapa pelanggaran, baik oleh pemain Persika maupun pemain Persip.

Di babak pertama, wasit mengeluarkan 2 kartu kuning, masing-masing untuk pemain Persika dan Persip. Kapten Persip Sukodir tak luput diganjar kartu kuning oleh wasit di menit ke-28. Tercatat, wasit Hidayat mengeluarkan 6 kartu kuning. Dua kartu kuning untuk pemain Persip, dan sisanya untuk pemain Persika.

Pertarungan seru terus berlanjut di babak dua. Meski berkali-kali Taryono dkk memeproleh peluang, namun tidak membuahkan gol. Hingga babak kedua berakhir, kedudukan tetap 1-0 untuk Persip.

Usai pertandingan, pelatih Persika Jamrawi mengungkapkan bahwa kekalahan timnya tak lepas dari kepemimpinan wasit yang menurutnya kurang berkualitas. "Dari segi permainan, saya rasa penguasaan bola kedua tim hampir sama. Gol yang tercipta oleh Persip hanya karena kelemahan kita," ujarnya. Ditambahkan Jamrawi, faktor tuan rumah merupakan keuntungan tersendiri bagi Persip. "Kalau main di putaran dua, diluar kandang, saya rasa Persip akan bermain tidak sebaik sekarang," kata dia.

Sementara, pelatih Persip Nasal Mustofa mengatakan, anak asuhnya sering kehilangan konsentrasi karena permainanya bisa di baca oleh lawan. Namun demikian pihaknya meras bersyukur karena mampu memenangkan pertandingan. Ia menambahkan akan segera mengevaluasi permainan tim, dan menyiapkan strategi menghadapi Persitema Temanggung.

Senada dikatakan manajer Persip H Budi Setiawan. Meski ia bangga Persip bisa memenagkan pertandingan, namun ia menilai penampilan tim Laskar Kalong sore itu tidak sebaik dengan yang ditunjukkan tatkala laga perdananya menghadapi Persipa Pati. "Permainan anak-0anak kurang maksimal dibanding laga pertama dulu," ujarnya. Namun, ia berharap evaluasi segera dilakukan oleh pelatih dan pemain, sehingga dalam pertandingan bisa terus memenangkan pertandingan.

Sesuai jadwal, setelah hari Minggu kemarin istirahat satu hari tanpa pertandingan, sore ini akan kembali dilanjutkan, mempertemukan antara PSBL Bandar Lampung melawan Persikasi Bekasi. Sedangkan Persip kembali akan berlaga pada Selasa (5/10) besok, melawan Persitema Temanggung.

T-Forever

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar